Jumat, 03 Januari 2020

Persiapan Pembuatan Rangkaian Elektronik

Tahap 1

Persiapan tempat dan alat kerja

Persiapkan tempat kerja, bahan dan alat untuk pembuatan rangkaian elektronika. Pada proses ini akan dibutuhkan sumber listrik AC untuk penggunaan solder (pemanas kawat timah), usahakan ada lubang steker yang berjarak dekat atau dapat pula menggunakan pemanjang kabel.

Alat-alat yang dibutuhkan:

1.   Penyedot, digunakan untuk menyedot cairan timah yang berlebih
2.   Tang pemotong kawat
3.   Tang penjepit
4.   Obeng
5.   Kawat timah
6.   Solder

Persiapan parts atau bagian-bagian

Setelah persiapan tempat kerja dan alat selesai dilakukan, langkah berikutnya adalah persiapan bagian-bagian yang akan dirangkaikan pada rangkaian elektronik ini.

Bagian-bagian pada rangkaian:

1.   Printed Circuit Board (PCB)
2.   Komponen elektronik
Keterangan:
·       Resistor
·       Kapasitor
·       Semikonduktor-Dioda
·       Transistor
·       IC
3.   Transformator atau trafo
4.   Pengatur memilih gelombang
5.   Pengatur suara (rangkaian)
6.   Speaker

Tahap 2

Membuat rangkaian

Pemasangan komponen elektronik pada PCB

Pada PCB terdapat gambar dan tulisan petunjuk untuk jenis komponen dan besaran hambatan. Pasangkan komponen elektronika sesuai dengan petunjuk yang ada pada PCB. Pada komponen resistor, besar hambatan dapat dibaca dari garis berwarna pada resistor.

Toleransi adalah nilai yang menyatakan besaran hambatan listrik yang boleh berbeda dengan angka yang dibaca dari tanda pita nomor 1-3. Pita emas toleransinya 5%, Perak 10% dan tanpa warna 20% coklat hitam merah emas 1 000 5%


Besar hambatannya: 1000 ohm + 5%
Jadi, hambatan terkecil = 1000 – 5% x 1000= 950 ohm
dan hambatan terbesar= 1000 + 5% x 1000= 1050 ohm


Kapasitor memiliki 2 kaki yang memiliki beda panjang, dan terdapat tanda nol (0) pada kaki yang lebih pendek. Kapasitor pada PCB digambarkan dengan lingkaran dengan setengah berwarna putih dan setengah lagi tidak. Kapasitor dipasang dengan menempatkan sisi dengan tanda nol (0) pada gambar yang berwarna putih.

Setelah semua komponen terpasang pada PCB, lipat kaki-kaki komponen agar komponen tidak mudah lepas dari PCB. Rekatkan setiap kaki komponen dengan menggunakan cairan timah yang dilelehkan dengan menggunakan solder. Solderlah setiap kaki dengan teliti dan rapi. Sebaiknya tidak menempelkan solder terlalu lama pada kaki komponen karena dapat menimbulkan kerusakan jika komponen terkena panas terlalu lama. Setelah semua kaki terekat baik, potonglah kelebihan kaki komponen dengan menggunakan tang.

Perekatan/penyolderan komponen IC (komponen dengan kaki-kaki sangat pendek dan banyak) dapat dilakukan terakhir, setelah kaki-kaki komponen lain dipotong. Dengan demikian, penyolderan dapat dilakukan dengan lebih mudah tanpa terhalang kaki-kaki komponen lain. Pasang pencari gelombang pada tempat yang tersedia di PCB dan rekatkan dengan menggunakan sekrup kecil.

Selanjutnya adalah menghubungkan komponen-komponen dengan kabel. Potong kabel sesuai ukuran yang diperlukan. Lepaskan bagian selubung kabel yang menutupi kawat bagian dalam, kurang lebih 0.5 cm. Untuk memudahkan pemasangan, lapisi setiap ujung kawat dengan timah dengan bantuan solder. Pasangkan ujung kawat pada komponen dengan memanaskan dengan solder bagian kawat yang sudah bertimah.

Perhatikan sambungan dari rangkaian pengatur suara ke speaker dengan kabel merah dan kabel hitam. Perhatikan pula sambungan rangkaian radio dengan rangkaian pengatur suara. Selanjutnya adalah menghubungkan komponen-komponen dengan kabel. Potong kabel sesuai ukuran yang diperlukan. Lepaskan bagian selubung kabel yang menutupi kawat bagian dalam, kurang lebih 0.5 cm. Untuk memudahkan pemasangan, lapisi setiap ujung kawat dengan timah dengan bantuan solder. Pasangkan ujung kawat pada komponen dengan memanaskan dengan solder bagian kawat yang sudah bertimah.

Tahap 3

Merapikan Tempat Kerja dan Peralatan Kerja

Pembuatan rangkaian radio dapat dilakukan dalam satu kali pertemuan mata pelajaran prakarya atau beberapa kali pertemuan prakarya. Sebaiknya, setiap siswa menyediakan sebuah wadah yang memiliki tutup, dapat berupa kotak/kardus bekas, atau toples untuk menyimpan komponen dan alat yang digunakan untuk pembuatan rangkaian radio.

Simpan dengan baik dan rapi setiap komponen dan alat di dalam kotak/kardus atau toples tersebut agar tidak tercecer sehingga memudahkan saat melanjutkan pembuatan rengkaian pada pertemuan berikutnya atau di rumah. Ingatkan selalu untuk membersihkan tempat kerja sehingga kembali bersih dan rapi seperti sediakala. Setelah selesai membuat rangkaian, bersihkan dan rapikan alat dan tempat kerja, serta buanglah sampah pada tempatnya.