Minggu, 19 April 2020

Penyebab kipas radiator mobil nyala terus

Fungsi penting dari kipas radiator mobil adalah untuk mendinginkan suhu air pendingin di dalam radiator dengan cara menghisap angin agar mengalir melalui kisi kisi radiator sehingga suhu panas dari air pendingin bisa dibawa oleh hembusan angin tersebut.

Dalam kerjanya, kipas radiator untuk mobil EFI sepenuhnya dikendalikan oleh engine control unit (ECU). ECU dapat memutar kipas radiator atau menghentikan putarannya berdasarkan data input yang diterima dari sensor-sensor.

Saat suhu air pendingin mesin terlalu panas dan sudah melewati batas suhu kerja normal, maka ECU akan memutar kipas radiator untuk mendinginkan suhu air. Setelah suhu air pendingin turun, maka kipas radiator akan berhenti berputar, begitu seterusnya.

Fungsi penting dari kipas radiator mobil adalah untuk mendinginkan suhu air pendingin di d Penyebab kipas radiator mobil nyala terus

Lantas, bagaimana jika kipas radiator mobil nyala terus dan tidak mau berhenti berputar? Dari beberapa pengalaman yang ombro ketahui, kondisi ini memang tidak lazim. Bahkan pada beberapa kasus, ada kipas radiator yang sudah nyala terus padahal kunci kontak baru diposisi ON dan mesin belum hidup.

Kondisi ini umumnya terjadi akibat kipas radiator sudah di jumper langsung ke aki untuk terus hidup saat kunci kontak ON. Membiarkan kipas radiator mobil nyala terus memang tidak baik, selain membuat aki cepat tekor, mesin juga umumnya menjadi lebih boros bahan bakar dan kurang enak tarikannya.

Nah, pada artikel kali ini, ombro akan berbagi informasi tentang penyebab-penyebab kipas radiator mobil nyala terus dan tidak mau berhenti berputar, simak penyebabnya dibawah berikut.


1. Kerusakan pada water temperature sensor (WTS)


Penyebab kipas radiator mobil nyala terus yang paling sering terjadi adalah akibat kerusakan pada water temperatur sensor. Water temperature sensor pada mobil juga sering dikenal dengan sebutan Engine coolant temperature sensor (ECT).

Kerusakan pada water temperatur sensor yang menyebabkan kipas radiator mobil nyala terus adalah saat water temperatur sensor mengalami short circuit (terjadi hubungan singkat).

Ya, saat ECT mengalami short, maka nilai tahanan ECT menjadi nol (0) dan arus listrik akan terus mengalir kembali masuk ke Engine Control Unit (ECU). Disini, ECU akan menganggap bahwa suhu air pendingin memiliki temperatur air yang panas. Akibatnya, ECU akan mengaktifkan kipas radiator mobil untuk terus berputar. Baca: Fungsi dan cara kerja water temperatur sensor

Salah satu cara termudah untuk memastikannya adalah dengan mencabut socket yang terpasang pada water temperatur sensor ini. Jika kipas radiator berhenti berputar, hal ini menandakan bahwa telah kerusakan terjadi pada water temperatur sensor.


2. Kerusakan pada refrigerant pressure sensor


Penyebab kipas radiator mobil nyala terus selanjutnya adalah akibat kerusakan pada refrigerant pressure sensor. Refrigerant pressure sensor ini merupakan sensor tekanan yang akan mendeteksi tekanan tinggi pada cairan refrigerant (freon) yang ada pada selang bertekanan di dalam sistem AC mobil.

Ketika tekanan refrigerant sudah terlalu tinggi, maka sensor akan menginformasikan ke ECU untuk memutar kipas radiator (khusus untuk mobil dengan 1 motor fan radiator tanpa extra fan AC ). Berputarnya kipas ini, akan mendinginkan suhu dan tekanan yang ada pada kondensor AC. Ketika suhu sudah dingin dan tekan kembali normal, maka kipas radiator akan berhenti berputar. baca : kapan kipas radiator mobil berputar

Ketika terjadi kerusakan / malfungsi pada referigerant pressure sensor, maka ECU bisa saja memerintahkan kipas radiator untuk terus berputar.


3. Kerusakan pada relay fan radiator


Penyebab kipas radiator mobil nyala terus selanjutnya adalah akibat kerusakan pada relay fan radiator. Relay fan radiator merupakan saklar elektrik yang bekerja secara elektromagnetik berdasarkan arus input pada bagian kumparannya (baca : Fungsi relay mobil dan cara kerjanya)

Kerusakan relay fan radiator yang menyebabkan kipas radiator mobil nyala terus, umumnya terjadi akibat terjadi short (hubungan singkat) di dalam relay fan radiator tersebut. Penyebabnya sering terjadi karena faktor usia pemakaian atau pernah terjadi abnormalitas pada rangkaian untuk kipas radiator mobil.

Untuk memastikannya, anda dapat mencoba menukar posisi relay fan radiator dengan relay sejenis yang umumnya ada di dalam fusebox sekring.


4. Kerusakan pada Fan Control Unit


Penyebab kipas radiator mobil nyala terus selanjutnya adalah akibat kerusakan pada Fan Control Unit. Fan control unit ini merupakan mikrocontroller yang berfungsi untuk mengatur kecepatan putaran kipas radiator.

Model mobil yang menggunakan fan control unit ini umumnya tidak terlalu banyak, salah satu contoh mobil yang ombro ketahui menggunakan fan control unit ini adalah mitsubishi galant hiu, Fan control unit ini dipasang dekat dengan fan shroud radiator. Kerusakan pada fan control unit ini juga bisa menjadi penyebab kipas radiator mobil nyala terus.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Masalah-Mobil