Minggu, 26 April 2020

Penyebab lampu mobil kurang terang

Lampu mobil bekerja dengan cara mengubah energi listrik menjadi cahaya. Cahaya yang dihasilkan oleh lampu mobil ini kemudian akan dipantulkan oleh reflektor sehingga cahaya tersebut bisa fokus dan dapat digunakan sebagai penerang jalan selama berkendara.

Lampu mobil menjadi satu-satunya penerang jalan yang akan menerangi jalan selama perjalanan sekaligus menjadi tanda bagi pengendara lain yang akan melintas, terlebih ketika kita berkendara diwaktu malam.

Lampu mobil bekerja dengan cara mengubah energi listrik menjadi cahaya Penyebab lampu mobil kurang terang

Lampu mobil yang kurang terang, selain dapat membuat pengemudi menjadi tidak nyaman, hal ini juga bisa sangat membahayakan. Untuk mencegah dan menghindari bahaya yang mengancam saat berkendara dengan kondisi lampu mobil yang kurang terang ini, maka sebaiknya kita perlu memperbaikinya.

Lantas, apa saja yang menjadi penyebab lampu mobil kurang terang ini? Pada artikel berikut, ombro akan menginformasikan beberapa penyebab lampu mobil kurang terang, simak infonya dibawah berikut


1. Terminal Relay dan socket lampu berkerak atau karatan


Lampu mobil bekerja dengan cara mengubah energi listrik menjadi cahaya Penyebab lampu mobil kurang terang

Penyebab lampu mobil kurang terang yang pertama adalah relay lampu dan socket lampu yang berkerak dan karatan. Kondisi ini kerap terjadi lantaran faktor usia pemakaian serta kemungkinan adanya posisi terminal pada socket lampu yang kendor dan kurang kencang.

Terminal socket lampu yang kendor ini kerap menimbulkan percikan kecil yang lambat laun akan menyisakan residu dan kotoran yang sering kita sebut kerak.

Kondisi terminal relay dan socket lampu yang berkerak atau karatan ini akan menyebabkan aliran arus listrik yang mengalir dari aki ke lampu menjadi terhambat. Hal ini jelas akan mengurangi jumlah arus listrik yang mengalir sehingga berimbas pada nyala lampu mobil yang menjadi kurang terang


2. Socket lampu meleleh


Lampu mobil bekerja dengan cara mengubah energi listrik menjadi cahaya Penyebab lampu mobil kurang terang

Penyebab lampu mobil kurang terang yang kedua adalah akibat socket lampu meleleh. Socket lampu yang meleleh ini kerap teradi akibat arus yang digunakan oleh lampu terlalu besar. Socket lampu tidak mampu menahan panas dari arus yang mengalir ke lampu tersebut. Akibatnya socket akan meleleh.

Socket lampu yang melelh kerap membuat hubungan pada terminal lampu dan terminal socket juga menjadi terganggu. Kondisi ini mirip seperti socket dalam kondisi berkerak atau karatan. Aliran arus listrik yang mengalir ke lampu menjadi berkurang dan membuat nyala lampu mobil kurang terang.

Baca juga :


3. Kaca, Mika, dan projektor lampu sudah kusam dan menguning


Lampu mobil bekerja dengan cara mengubah energi listrik menjadi cahaya Penyebab lampu mobil kurang terang

Penyebab lampu mobil kurang terang yang ketiga adalah akibat kaca, mika, dan projektor lampu sudah kusam dan menguning. Kondisi ini kerap ditemukan pada lampu-lampu mobil yang memang sudah berumur.

Lama pemakaian dan salah penggunaan watt lampu yang terlalu besar kerap menjadi biang keladi komponen lampu menguning sehingga terlihat kusam.

Kondisi lampu mobil yang menguning, kusam bahkan pad bagian projectornya sudah tidak lagi tampil mengkilap akan membuat pantulan cahaya yang dihasilkan oleh lampu mobil menjadi kurang terang akibat sinarnya tereduksi oleh kotoran dan kondisi mika yang menguning.


4. Kualitas Bohlam lampu menurun


Lampu mobil bekerja dengan cara mengubah energi listrik menjadi cahaya Penyebab lampu mobil kurang terang

Penyebab lampu mobil kurang terang yang terakhir ombro ketahui adalah kualitas bohlam lampu yang digunakan sudah menurun. Ya, lampu pijar berisi gas halogen yang kerap digunakan pada lampu kepala ini memiliki masa pakai.

Ciri-ciri lampu yang sudah mendekati akhir masa pakai akan ditandai dengan bentuk filemen pada bohlam lampu yang lilitannya mulai terlihat gosong. Selain itu, kaca bohlam lampu juga akan terlihat sedikit kehitam-hitaman.

Lampu halogen menggunakan kawat tipis yang disebut filamen. Apabila filmen ini dialiri arus listrik maka akan membara dan menimbulkan cahaya. Untuk memaksimalkan cahaya yang keluar dari filamen, kerap ditambahkan gas halogen di dalam bohlam lampu.

Ketika kondisi filamen mulai gosong, atau gas halogen pada bohlam bocor, hal ini menunjukkan bahwa bohlam lampu sudah mendekati akhir masa pakai. Umumnya akan memperlihatkan nyala lampu yang sedikit menguning, kurang terang, dan redup .

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Masalah-Mobil